Rabu, 12 April 2017

Sejarah Berdirinya Perpustakaan Unitomo

         
    Perpustakaan merupakan bagian organisasi pendidikan di lingkungan Universitas Dr. Soetomo Surabaya atau yang sering disingkat sebagai UNITOMO. Perpustakaan ini berperan dan turut andil dalam membangun citra positif kampus Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Sejarah berdirinya Perpustakaan Universitas Dr. Soetomo tidak lepas dari berdirinya lembaga induknya yaitu Universitas dr. Soetomo Surabaya pada 30 Juli 1981 yang merupakan peningkatan dari sekolah tinggi ilmu administrasi (STIA) Surabaya, berlokasi di jalan Semolowaru No.48 Surabaya. 
     Pada Awal berdirinya , Perpustakaan menempati salah satu ruangan di kantor pusat yaitu Gedung A lantai 1 dengan luas ruangan 54 m2 ditunjang SDM Perpustakaan sebanyak 2 orang yaitu 1 orang Bagian Sirkulasi Perpustakaan dibantu satu orang staf. Dengan jumlah koleksi kurang lebih sebanyak 452 eksemplar dan ditambah fasilitas kipas angin untuk kenyamanan bagi pemustaka.
     Seiring dengan bertambahnya jumlah fakultas maka pada tahun 1990 Perpustakaan pindah ke gedung B lantai 1, menempati ruangan yang lebih luas yaitu 198 m2 dengan jumlah tenaga staf Perpustakaan sebanyak 2 orang.
Pada era tahun 199an Perpustakaan mulai memanfaatkan komputer meskipun terbatas untuk kegiatan administrasi, seperti administrasi ketatausahaan dan keuangan , pengadaan koleksi. Pada tahun 1999 Perpustakaan Universitas Dr. Soetomo pindah ke Gedung H lantai 1 dan sekaligus dimulainya pelayanan terotomasi (Intranet) meskipun masih bersifat terbatas , yaitu untuk pelayanan sirkulasi dan OPAC dengan jumlah staf sebanyak 4 orang dan ditunjang fasilitas pendingin ruangan (AC).
     Sejak tahun 2000 berdarsarkan SK. Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Cendikia Utama No.16/1.04/YP/X/200 Struktur Organisasi Perpustakaan menjadi Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Perpustakaan, yang membawahi 2 Kepala Bagian, yaitu Kepala Bagian Pelayanan dan Kepala Bagian Tata Usaha. Secara struktural Kepala UPT Perpustakaan bertanggung jawab kepada Rektor.
Dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 2011 Perpustakaan Universitas Dr. Soetomo harus pindah ke gedung F berlantai 5, yaitu sebagai tempat pusat kegiatan perkuliahan atau pembelajaran.
     Perpustakaan Universitas Dr. Soetomo menempati ruangan di lantai 1 dengan luas 450 m2 dilengkapi fasilitas WIFI, Komputer untuk pemustaka, ruang diskusi, area baca konsep lesehan , televisi dan beberapa pendingin ruangan AC serta ditunjang dengan SDM sebanyak 8 orang.
     Pada tahun akademik 2014/2015, sesuai dengan program kerja yang disusun telah dimulai proses migrasi dari program lama ke program otomasi baru yaitu menggunakan Software Open Source SLIMS (Senayan Library Information Management System).

0 komentar:

Posting Komentar